Polres Malang Gelar Rakor Kamtibmas Tiga Pilar Jelang Kesiapan Pemilu 2019

Nampak sesi foto bersama seusai acara 3 Pilar berlangsung

MALANG-NEWS.COM – Ciptakan Kabupaten Malang aman dan kondusif menjelang Pileg dan Pilpres tahun 2019, itulah semangat yang di usung pada Rapat Koordinasi (Rakor) Ketertiban dan Keamanan.

Melalui Rakor yang digagas Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung ini di ikuti oleh Wakil Bupati Malang H. Sanusi, Dandim 0818 Malang, Forkopimda, Ketua MUI Kabupaten Malang, KPU Kab Malang, Muspika dan Kepala Desa se Kabupaten Malang beserta Toga, Tomas, Toda dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Malang H. Sanusi dalam sambutannya menyampaikan aspirasi penting untuk membangun kualitas demokrasi dan menciptakan Sitkamtibmas yang aman menjelang pemilu 2019.

“Dalam menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, sangat penting bagi kita untuk menyiapkan segalanya untuk menciptakan kondisi yang aman dan tidak sampai terlena dengan segala potensi ancaman yang ada. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dalam membangun kualitas demokrasi,” terang H. Sanusi dalam sambutannya yang berlangsung, Jumat (7/12/2018).

Kapolres Malang Saat memberikan Sambutan

Ditambahkannya, kondisi pesta demokrasi di Kabupaten Malang selalu berjalan dengan kondusif dan lancar, ini semua tidak luput dari peran para tokoh masyarakat dan jajaran Kepolisian maupun TNI.

“Atas nama Pemkab Malang, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini sehingga, berkah adanya acara seperti ini sebelumnya pesta demokrasi di Kabupaten Malang selalu berjalan dengan kondusif dan aman. Harapan saya kedepannya juga demikian,” imbuh Wabup Malang dengan nada penuh harap.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menegaskan agar patut bangga dan juga bisa menjadikan sebagai alarm dalam mempersiapkan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Kita patut bangga karena Kabupaten Malang sudah respontif. Disisi lain, rakor ini sebagai alarm atau reminder bagi kita semua dalam mempersiapkan kesiapan Pemilu 2019,” tegas Kapolres Malang.

Ditengah-tengah rakor, Kapolres pun menambahkan, langkah dan upaya untuk membangun kondusivitas dan sinergi.

  1. Polres Malang telah melaksanakan penandatanganan MOU Sentra Gakkumdu

  2. Dibutuhkannya personel linmas agar segera di rekrut serta dilatih untuk turut menjaga beberapa jumlah TPS

  3. Untuk mendapatkan Pemilu yabg yang lancar dan aman, Polri dan TNU termasuk Toga dan Tomas semua harus berperan.

  4. Peran 3 pilar plus untuk deteksi dan cegah dini, agar tidak ada ruang hampa yang bisa membuat gangguan Kamtibmas.

  5. Perlunya melakukan kegiatan-kegiatan cipta kondisi sebelum pelaksanaan, agar Pemilu berjalan lancar.

  6. Untuk mendinginkan suhu politik yang semakin hangat, Polri membentuk Satgas Nusantara. Dalam tugasnya berupaya cipkon agar sebelum, saat, dan pasca pemilu situasi tetap aman dengan didukung oleh seluruh unsur 3 pilar. (Mad/Sac).