​Dinas Perhubungan Kota Batu, Kumpulkan Puluhan Jukir

Susetya Herawan, Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Batu
Susetya Herawan, Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Batu

Batu, suarajatimpost.com – Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Susetya Herawan, melakukan kordinasi di Kantor Dishub Kota Batu dengan puluhan Jukir yang biasa parkir diseputar area alun-alun Kota Batu, Kamis (28/7/17)

Kordinasi dari Kadishub, bersama puluhan Jukir tersebut, yakni, menggagas ide pemikiran untuk peningkatan pendapatan restribusi parkir.

Menurut mantan Kadis KLH ini, terobosan dalam peningkatan pendapatan parkir, ada beberapa pemikiran dan kiat-kiat tertentu.

“Ya pertama pembayaran retribusi parkir dengan menggunakan karcis ,dan petugas parkir atau Jukir dibayar Pemkot Batu. Atau Jukir dibayar bagi hasil pendapatan dan penetapan retribusi parkir, atau bisa juga dengan kerjasama dengan pihak ketiga,” Kata dia.

Dengan begitu, langkah riilnya, karcis parkir dicetak oleh Dishub yang diberi nomor seri dan porporasi yang legal.
Sedangkan penyetoran retribusi berdasarkan jumlah karcis yang dikeluarkan atau terpakai.

“Jukir menyetor retribusi berdasarkan SRP yang dikelolanya, kontrak dengan Pemkot untuk penanganan retribusi parkir, Jukir digaji dan dibawah kendali pihak ketiga,” lanjut dia.

Maka dari itu, masih kata dia, perbandingan apa yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang retribusi parkir, ada beberapa item, salah satunya yakni, penyetoran ke kas daerah (Kasda) secara bruto. Orang bayar parkir dengan menggunakan karcis seluruh penerimaan harus disetorkan ke petugas ke Kasda, tambahnya.

Sembari berpesan, “Orang bekerja itu untuk tujuan memperoleh rezeki sebagai bentuk tanggung jawab kepada anak dan istri, bagaimana kita memperoleh kebarokahan,” tutupnya.