​Lho! Wali Kota Malang Diperiksa KPK Di Jakarta

Walikota Malang, H. Moch Anton
Walikota Malang, H. Moch Anton

 
MALANG-NEWS.COM – Menyoal perkembangan kasus korupsi di Kota Malang, kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalaminya. Rabu (16/8/17), Terkait dengan hal tersebut, Wali Kota Malang, HM Anton, mendapat panggilan pemeriksaan di Kantor KPK, Jakarta.

Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, Anton diperiksa sebagai saksi. Selain Anton, KPK juga memeriksa Arief Wicaksono sebagai tersangka dan 12 saksi lainnya.

“Ya Wali Kota Malang diperiksa sebagai saksi, di kantor KPK. Sisanya 12 orang diperiksa di Polres Malang Kota,” ungkapnya.

Pemeriksaan tersebut terkait dengan dua perkara yang tengah ditangani KPK, yakni suap pada pembahasan P-APBD 2015 dan proses penganggaran proyek Jembatan Kedung Kandang pada APBD 2016 di tahun 2015 lalu. Sebelumnya, KPK telah menggeledah beberapa lokasi.

Selain Balai Kota Malang, beberapa tempat lain seperti rumah dinas dan rumah pribadi Wali Kota Malang juga menjadi sasaran penggeledahan. Anton sendiri belum bisa dikonfirmasi terkait pemeriksaan hari ini.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, membenarkan Anton tengah berada di Jakarta. Hanya saja dia tidak mengakui perihal pemeriksaan di Kantor KPK.

“Sedang di Jakarta koordinasi dengan Kemendagri. Saya tidak tahu detail koordinasinya terkait apa,” ungkapnya.