​Masyarakat Yang Ingin Mengadopsi Bayi, Dinsos Pemkot Batu Tunggu Hasil Proses Pemprov Jatim

Bambang Kuncoro, Kepala Dinas Sosial Pemkot Batu
Bambang Kuncoro, Kepala Dinas Sosial Pemkot Batu

 
MALANG-NEWS.COM – Terkait dengan penemuan bayi perempuan yang di buang di Jalan Melati Pesanggrahan, Kota Batu pada Senin (4/9/17) kemarin, saat ini menjadi perhatian dari Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Batu. Namun, pihak Dinsos lebih mendahulukan proses hukum dari pihak kepolisian Polres Batu.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemkot Batu, Bambang Kuncoro mengatakan, bayi tersebut bakal mendapatkan penanganan secara instensif dan maksimal, dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Itu mengingat agar penanganan kesehatannya serta perawatannya lebih baik. Namun, pihaknya kini masih menunggu hingga 10 hari ke depan pasca penemuan bayi malang tersebut.

“Ya memang nantinya selama 10 hari ke depan bakal menjadi wewenang pihak kepolisian untuk proses hukumnya,” kata Bambang Kuncoro. Selasa (5/9/17)

Iapun juga menambahkan, selama proses hukum yang masih ditangani oleh pihak Polres Batu, bayi dengan berat 2,9 kg tersebut terus mendapatkan perawatan dan pantauan dari pihaknya. Setelah dirasa cukup, Dinsos Pemkot Batu bakal berkoordinasi dengan Pemprov Jatim serta pihak rumah sakit untuk membuat surat keterangan temuan bayi tersebut.

“Bayi itu akan menjadi tanggung jawab negara, lalu dipindah ke UPT Panti Rehabilitasi Anak di Sidoarjo,” imbuhnya.

Lantas terkait dengan peluang dibukanya masyarakat untuk mengadopsi, Bambang belum dapat memastikannya. Sebab menurutnya, kewenangan boleh dan tidaknya mengadopsi itu berada ditangan Pemprov Jatim. (MN)