​Omah Kayu, Tempat Penginapan Unik Di Kota Wisata Batu 


Batu, MALANG-NEWS.COM – Saat berwisata ke sebuah Kota di Indonesia menginap di sebuah hotel mewah mungkin sudah biasa dilakukan, Ada sesuatu yang berbeda ketika Anda berwisata ke Kota Batu. Dimana Anda bisa mencoba sebuah penginapan yang tidak biasa, berlokasi kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Malang.
Tempat penginapan tersebut tergolong unik, yakni berada di atas pohon pada ketinggian 1.340 meter, dengan menyuguhkan panorama yang menakjubkan saat pagi hari maupun malam.

Omah kayu sebutan dari penginapan unik tersebut, lokasi wisatanya bisa menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk refreshing, sekedar menghabiskan waktu liburan ataupun mencari inspirasi, dengan latar pemandangan indah Kota Batu.

Menurut Doyok, salah satu pegawai setempat, sensasi menginap di omah kayu menjadi lebih menyenangkan. Karena selain bisa menginap di rumah pohon yang terbuat dari kayu itu, Anda bisa menikmati wisata lainnya seperti wisata paralayang dan Flying Fox, karena memang letaknya masih termasuk di area Taman Wisata Gunung Banyak atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Paralayang.

“Ya karena Omah Kayu ini, merupakan sebuah tempat penginanan untuk (wisatawan) yang ingin beristrahat setelah berwisata di sekitar kawasan Bukit Paralayang, disini terdapat sekitar enam unit rumah yang dibangun, dimana setiap unitnya bisa dihuni maksimal oleh tiga orang,” tuturnya, Minggu (6/8/17)

Meskipun omah kayu terbuat dari bahan dasar kayu, namun Anda tidak perlu khawatir soal keamanannya. Kayu yang digunakan adalah jenis pinus, dan untuk dindingnya yang disusun dengan rapat, kemudian kerangka utama, balkon serta pagarnya terbuat dari kayu eukaliptus. Untuk atapnya sendiri terbuat dari ijuk. Jadi omah kayu ini memiliki keamanan terjamin dengan pilihan kayu yang sangat kuat.

Pada bagian dalam omah kayu sudah tersedia satu tempat tidur dengan dua bantal dan selimut, serta beberapa peralatan makan. Namun sayangnya, omah kayu ini tidak tersedia kamar mandi. Meski demikian, pengelola setempat sudah menyediakan dua bangunan kamar mandi di luar, lengkap dengan air hangat yang berada di sekitar area penginapan tersebut.

Kelebihan menginap di omah kayu di Kota Batu ini, akan disuguhkan dengan panorama yang cantik, suasananya yang tenang serta hawa yang sejuk. Ketika malam hari tiba, Anda akan disuguhkan pemandangan Kota dengan gemerlap lampu yang indah. Ketika menjelang pagi tiba, kicauan burung saling bersahutan membuat suasana menjadi menyenangkan, ditemani segelas kopi hangat dan duduk santai di balkon omah kayu dengan view pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang tertarik untuk menginap di omah kayu cukup membayar sekitar Rp 350 ribu per malam, dan pada akhir pekan dipatok harga sekitar Rp 450 ribu per malam. Apabila Anda hanya ingin berkeliling melihat-lihat area sekitarnya cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang.