​Pelajar SD Temukan Bayi Dibuang, Di Jalan Melati Pesanggrahan Kota Batu 

Lokasi penemuan bayi yang di buang, di Jalan Melati Pesanggrahan Kota Batu
Lokasi penemuan bayi yang di buang, di Jalan Melati Pesanggrahan Kota Batu

 
MALANG-NEWS.COM – Jalan Melati Pesanggrahan Kota Batu mendadak menjadi ramai dikerumuni warga, pasalnya warga mengetahui Anak SD telah menemukan bayi perempuan di pinggir Jalan raya. Bayi malang tersebut diperkirakan berusia tiga hari, kali pertama ditemukan kondisinya terbungkus tas ransel warna hitam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dilapangan, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh beberapa pelajar SD yang tengah pulang sekolah sekitar pukul 12.30 WIB siang (4/9/17).

Menurut Sukamto, salah seorang warga di sekitar lokasi penemuan bayi, dirinya menuturkan, saat itu Anak SD melihat ada tas kresek besar, karena merasa curiga ia lantas memanggil warga masyarakat sekitar.

“Awalnya ada Anak SD sewaktu pulang dari sekolah lewat di Jalan ini mas, lalu Anak ini melihat ada tas ransel berwarna hitam. Karena merasa curiga, lantas mereka memanggil warga sekitar. Dan ketika dibuka oleh beberapa warga, ternyata isi ransel tersebut ada bayinya. Jadi ya, semua yang melihat kaget dan mulai rame seperti ini,” kata Sukamto. Kamis (4/9/17).

Kondisi bayi malang tersebut sekarang berada di RS Bhayangkara Hasta Brata. Dan saat berada di ruang bayi, terlihat ada 3-4 bidan yang menangani bayi berjenis kelamin perempuan tersebut.

Menurut Kasubbag Perencanaan dan Administrasi RS Hasta Brata, Ipda Dodik Bintoro mengatakan, bayi itu dalam keadaan sangat memprihatinkan, karena tali pusarnya sudah hampir membusuk.

“Ini tali pusarnya sudah hampir membusuk. Bahkan sampai melibatkan empat bidan sekaligus, untuk menanganinya,” kata Dodik. Dirinya juga menambahkan, bayi ini memiliki berat badan 2,9 kg dengan panjang 49 cm.

Sementara itu, tampak di luar ruangan medis terlihat ada lima pasangan yang ingin mengadopsi bayi tersebut.
Seperti halnya yang diutarakan oleh Rudi, salah satu pasangan yang ingin mengadopsi bayi malang ini.

“Saya, ingin sekali mas mengadopsi bayi itu. Ini saya juga masih berusaha menghubungi pihak Dinas Sosial Pemkot Batu,” ujarnya penuh harap.

Sekedar diketahui, di dalam ransel ditemukannya bayi tersebut terdapat selimut warna biru putih, dilapisi dua buah handuk warna putih dan dimasukan ke dalam tas warna hitam serta dibungkus kresek warna hitam.

Bahkan oleh beberapa warga, bayi itu sempat dikira sudah tidak bernyawa, tetapi saat dibuka meskipun tidak menangis bayi tersebut bergerak-gerak. (MN)