​Pemkot Diharapkan Peduli Dengan Masa Depan Atlet Tinju Kota Batu

Ismail Ngabalin, Pelatih Tinju Yang Juga Ketua PERTINA
Ismail Ngabalin, Pelatih Tinju Yang Juga Ketua PERTINA

Batu, MALANG-NEWS.COM – Pemkot Batu diharapkan peduli terhadap para atlet tinju potensial yang ada di Kota Wisata Batu. Harapan tersebut diungkapkan Ketua harian Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Batu, Ismail Ngabalin, Kamis (25/5).

Menurut dia, banyak atlet tinju potensial di Kota Batu. Para atlet itu tersebar di berbagai cabang olahraga (Cabor). Termasuk cabor Tinju.

”Para atlet potensial itu biasanya pindah ke daerah lain karena iming-iming yang menggiuarkan,” paparnya.

Iming-iming itu disebutkan seperti janji untuk masa depan bagi para atlet. Misalnya, terkait pekerjaan, gaji besar dan lain-lain.

Ia menambahkan, para atlet potensial itu, biasanya mendapat tawaran menggiurkan semacam itu menjelang PON. Mereka pindah ke tempat lain demi mengharumkan nama daerah yang memberikan janji tersebut.

Makanya, ia berharap agar Pemkot Batu peduli terhadap para atlet terutama yang memiliki potensi besar. Termasuk atlet dari Cabor tinju.

Ismail Ngabalin yang juga pelatih tinju ini menjelaskan bahwa atlet yang menjadi besutannya ada 15 orang. Mereka terdiri dari 12 atlet pria dan tiga atlet wanita. Menurut adik dari mantan petinju kondang Hasan Ambon ini para atlet itu juga potensi bagus.

Sebagai bukti ia menunjukkan hasil Kejurda tinju Jatim yang digelar di Gor Gajahmada Kota Batu. Menurut dia, dalam kejurda itu atletnya tak hanya mampu meraih beberapa medali emas. Namun, juga ada yang sukses mempertahankan gelar sebagai petinju terbaik se Jatim lima kali berturut-turut.

Petinju tersebut adalah Randy Ngabalin. Ia menjadi petinju terbaik Kejurda Jatim sejak tahun 2014 silam sampai sekarang.

”Pemkot sangat bijak bila peduli pada petinju potensial semacam dia,” katanya.

Kepedulian itu, lanjutnya, bisa dengan cara memberikan jaminan masa depan yang bagus. Misalnya memberi pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan hobinya. Sehingga, atlet potensial tersebut tidak hengkang ke daerah lain.

”Paling tidak pada PON tahun 2020 mendatang masih bisa membawa nama baik Kota Batu,” tuturnya.

Karena itu, Ia berharap agar Pemkot Batu peduli pada para atlet potensial yang ada di kota Batu. Harapannya agar mereka tidak hengkang ke daerah lain, karena alasan imingiming yang menggiurkan dari daerah lain.