Mbois! ​Peringati HUT RI Ke-72, Desa Punten Kota Batu Gelar Karnaval Budaya

Kepala Desa Punten, Suhernanto Sasmiko, SE (kanan) saat menghadiri Karnaval di Desa Punten
Kepala Desa Punten, Suhernanto Sasmiko, SE (kanan) saat menghadiri Karnaval, bertema “Budaya” di Desa Punten Kota Batu

MALANG-NEWS.COM – Perayaan HUT RI Ke-72, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, diisi dengan pawai karnaval, ribuan warga Desa Punten turut berpartisipasi. Perayaan karnaval dengan tema “Kenali Budayamu Dan Cintai Negerimu Untuk Masa Depan Bangsamu” digelar, Kamis (24/07/17) karnaval tersebut dimulai pada pukul 11.30 WIB, hingga selesai.

Dalam kegiatan acara tersebut dihadiri oleh, Kepala Desa Punten Suhernanto Sasmiko, SE, Walikota Batu terpilih Dewanti Rumpoko, Danramil Bumiaji Kapten Widagdo, Forkompinda serta jajaran perangkat Desa Punten.

Warga pun menyambut antusias digelarnya karnaval tersebut.
Selain karnaval dengan berkeliling wilayah sekitar, warga Juga meneriakkan yel-yel, dan fashion show serta berbagai macam ragam budaya yang diusung.

Karnaval ini sengaja dikemas dengan tema budaya sebab, di perayaan HUT RI Ke- 72 tersebut tidak menampilkan berbagai macam pakaian adat, atau yang menyerupai para pejuang, yang biasa ditampilkan dalam karnaval-karnaval pada umumnya.

Menurut Kepala Desa Punten, Suhernanto Sasmiko, SE dirinya sengaja mengelar kegiatan karnaval ini, dengan bertemakan gelar budaya, karena murni budaya dengan menampilkan produk-prodak dari para petani setempat.

“Ya terutama dengan adanya medsos dunia Maya jaman sekarang yang semakin berkembang, sehingga banyaknya generasi muda yang kurang mengenal budaya, maka dari itu kita memang sengaja lebih mengenalkan mereka tentang budaya,” kata Suhernanto

Selain karnaval, sebelumnya kami juga melaksanakan selamatan desa terlebih dahulu yakni, ritual. Karena sudah menjadi tradisi semua warga Desa Punten.

Iapun juga menambahkan, bahwasanya dengan digelarnya Karnaval ini, diharapkan semakin mempererat tali silaturahmi diantara warga, agar tetap terjalin dengan baik dan kompak. Selain itu karnaval tersebut juga untuk mengajak, khususnya generasi muda untuk mengingat Budaya dan BhinnekaTunggal Ika.

“Saya sebagai Kepala Desa sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena masyarakat menyambut antusias kegiatan tersebut. Mereka sejak pagi tadi sudah rapi dan sangat mensupport sekali, untuk mengikuti karnaval perayaan HUT RI Ke- 72 ini,” imbuhnya.