Soto Ayam “Qonaah” Kuliner Murah Meriah Di Kota Malang, Penasaran? Yuk, Coba!

Soto Ayam
Soto Ayam “Qonaah” yang berlokasi di belakang kampus UIN Kota Malang, selalu ramai dibanjiri oleh pembeli

MALANG-NEWS.COM – Siapa yang tak mengenal makanan Soto? Ya hampir sebagian Orang tahu, makanan berkuah ini. Rasanya yang gurih dan nikmat, membuatnya menjadi salah satu makanan favorite di Indonesia. Namun, tak banyak orang yg dapat membuat soto senikmat soto Qonaah.

Soto Qonaah rasanya memang sangat nikmat. Harga per/porsinya cukup terjangkau yakni, Rp: 5000,- (lima ribu rupiah). Soto yang berlokasi di Jalan Sunan Kalijaga, lebih tepatnya di belakang Gerbang Kampus UIN (Universitas Islam Negeri). Buka mulai pukul 06:00 sampai 09:00 Wib.

Soto Qonaah juga menyediakan krupuk gratis, dan sambal, pelanggan bisa mengambil sendiri, bahkan kalau ingin menambah porsi nasi dengan harga yang sama pula. Soto Qonaah berjualan memanfaatkan salah satu ruko yang tak terpakai, dengan Gerobak berwarna hijau kuning yang sangat senderhana sekali.

Soto Qonaah telah berdiri sejak tahun 1998 hingga hingga saat ini, namun, pemiliknya tak mau membuat cabang, karena  kewalahan melayani pelanggan yang begitu banyak, sedang yang melayani hanya berdua saja, yakni, pasangan suami istri Sutrisno (70) dan Sumiati (60).

Pelanggannya pun tak hanya dari kalangan mahasiswa UIN saja. Tetapi juga dari Kampus lain, seperti, UB (Universitas Brawijaya), UMM (Universitas Muhammadyah Malang),  UM (Universitas Negeri Malang), UNISMA (Universitas Islam Malang), bahkan mereka rela mengantri hanya untuk mendapatkan semangkuk soto Qonaah.

Memang tidak hanya mahasiswa saja yang biasa membeli Soto Qonaah, bahkan  dosen pun juga kerap sekali. Seperti yang dituturkan Puji, dosen UIN jurusan Saintek ini. Ia menuturkan, Soto disini memang pas untuk kantong di kalangan mahasiswa, “selain itu rasa Sotonya juga enak, ditambah kentang goreng yang diiris tipis-tipis terasa krenyes ketika dikunyah,” tuturnya sembari menikmati Soto Qonaah.

Menurut Sumiati dirinya mengaku sangat kewalahan, dengan banyaknya pelanggan yang setiap hari membeli Sotonya.

“Ya mbak saya memang kewalahan sekali, dengan banyaknya pembeli disini, akhirnya anak-anak saya yang membantu melayani pembeli,” kata dia. Jumat (18/8/17)

Ia memasak Soto tersebut dengan minyak yang baru, bawang merah dan bawang putih yang banyak, serta kentang yang di goreng dengan suhu pas sehingga membuatnya krenyes dimulut ketika dikunyah.

Iapun juga menambahkan, Saya masak dengan ihlas mbak, kita harus Qonaah biar dapat berkah. Saya gak mau kalau bahan yang dimasak tidak baik di konsumsi manusia. Apalagi yang mengkonsumsi anak SMP dan mahasiswa, untuk pendapatan bersih per/harinya berkisar dua jutaan keatas.

“Inikan saya juga jualan di SMP 13 mbak, nah pas waktu itu ada pengontrolan makanan dan alhamdulillah, hanya punya saya yang lolos. Se-Indonesia Qonaah ini juara 23 mbak dan se-Malang raya juara satu.
Saya tetap mempertahankan rasa walau bahan-bahan naik, yah dapat untung banyak Alhamdulillah sedikit juga Alhamdulillah yang penting tetap bersyukur saja,” imbuhnya.

Hal senada juga diutarakan, Indah Yusti Mardiani, mahasiswi jurusan Syariah UIN Ini. “Saya suka Soto disini mak, rasanya itu lho, pas dan tidak hambar tidak seperti di tempat lain, sebenarnya saya baru 2 kali ini sih, makan disini, awalnya saya hanya sekedar coba-coba karena kata teman-teman sih enak. Eh, pas waktu mencoba ternyata memang enak, ya sudah saya ajak saja teman-teman saya yang lainya,” ucap mahasiswi cantik berjilbab ini.

Sekedar diketahui, bahwasanya Soto Qonaah ini telah mendapatkan Sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Dan telah melewati tes kesehatan/layak di konsumsi, berdasarkan Laboratorium kesehatan makanan. (Nabila)