​Tarian Srikandi Senopati, Meriahkan Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-72

Walikota Batu terpilih, Dewanti Rumpoko saat memerankan tarian
Walikota Batu terpilih, Dewanti Rumpoko saat memerankan tarian “Srikandi Senopati”

MALANG-NEWS.COM – Meriahkan detik-detik Proklamasi HUT RI ke-72 di Stadion Brantas, Dinas Pendidikan Batu suguhkan tarian kolosal berjudul Srikandi Senopati yang diikuti oleh 1002 pelajar dan guru Kota Batu. Kamis (17/8/17)

Total ada 800 murid SD/MI, 250 SMP/MTS, 150 SMA/MA/SMK dan 100 guru memeriahkan tarian. Dengan formasi yang sangat rapi dan menarik perhatian, peserta terlihat sangat bersemangat.

Tarian ini menceritakan adanya perempuan yang terlahir ke bumi dengan karakter yang kuat, jujur, adil, keras, kuat dan berani dalam mengambil keputusan. Seluruh kemamuan Srikandi bisa merubah kehidupan manusia menjadi lebih baik dan sejahtera.

Puncak tarian Srikandi Senopati ternyata saat Ketua Penggerak PKK Batu/ Wali Kota Terpilih, Dewanti Rumpoko yang memerankan tokoh Srikandi. Dewanti ikut menari dan mengangkat busur panahnya. Penonton pun bersorak diiringi tepuk tangan seluruh peserta upacara.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kota Batu, Drs Mistin yang menjadi pelopor tarian menjelaskan jika dirinya mendapat inspirasi dari sosok perempuan yang bisa menjadi pemimpin, kesetaraan genderlah yang menginspirasi tarian ini.

Diharapkan dari makna tarian ini, pelajar lebih giat belajar, kerja keras mencapai cita-cita, rasa nasionalisme semakin tinggi dan terpenting jiwa kebangsaan tertanam sejak dini.

“Itulah makna tarian ini. Menanamkan pendidikan karakter yang kuat kepada penerus bangsa sejak dini,” ungkap Mistin.

Ketua Tim Penggerak PKK Batu/ Wali Kota Batu Terpilih Dewanti Rumpoko mengaku kaget sebab dirinya sama sekali tidak mempersiapkan diri memerankan sosok Srikandi dalam tarian.

Dewanti sangat mengapresiasi para murid dan guru yang sudah berusaha dan berlatih serius. Dewanti berpesan generasi penerus bangsa harus mencontoh sosok Srikandi. Jadi generasi yang kuat, tangguh, belajar giat dan berusaha meraih sesuatu dengan semangat.

“Jauhi hal negatif yang merusak masa depan seperti, narkoba, sex bebas dan pergaulan yang menyimpang,” pesan walikota Batu terpilih ini.