​Tiap Hari Jumat, Ini Yang Dilakukan Management Alun-Alun Kota Batu

Pegawai Alun-Alun Kota Batu, Bersama PKL Saat Sesi Foto Bersama
Pegawai Alun-Alun Kota Batu, Bersama PKL Saat Sesi Foto Bersama

Batu, MALANG-NEWS.COM – Management Alun-alun Kota Batu, tampaknya kian berbenah dalam menjaga kebersihan dan memperindah tempat wisata gratis tersebut. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya kegiatan “Jumat Bersih” yang melibatkan PKL (Pelaku Niaga Sipil) bersama dengan Panca Karya Bakti yang berjumlah puluhan

Menurut Oky Honestian Adi, koordinator PKL, kegiatan tersebut memang sengaja dilakukan tiap hari Jumat, tujuannya agar keberadaan Alun-alun ini semakin, bersih, indah, dan nyaman. Ia melakukan itu semua supaya semakin banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara, yang berkunjung sehingga mereka semakin betah.

“Ya kita memang sengaja tiap hari Jumat, ini memang membersihkan Alun-alun Kota Batu, agar semakin bersih, serta nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Kita bersama-sama dengan Panca Karya Bhaktin, selaku pihak yang ditunjuk oleh management Alun-alun ini untuk membersihkan bersama-sama,” kata dia, Jumat (4/8)

Ia juga menambahkan, untuk area yang di bersihkan diantaranya yakni, Smoking area, Pagar tanaman, Toilet, Halaman depan trotoar dilingkar Alun-alun yang selama ini dianggap kotor dan kumuh. Kotoran itu disebabkan karena kehadiran PKL yang biasa beroperasi dengan berjualan di area tersebut.

Selain semakin meningkatkan antar kerukunan, kekompakan dan rasa solidaritas yang sedang kita bangun saat ini diantara sesama anggota, dan juga sebagai tanggung jawab, kepada warga Batu

“Ini kita lakukan, sebagai salah satu bukti bahwa kami adalah bagian dari warga Kota Batu yang perduli dengan ikon Kota kita yang saat ini terlihat kotor dan kumuh. Selain itu hal tersebut, juga bertujuan agar banyak dari ormas dan paguyuban lain di Batu juga ikut bergerak bersama kami, untuk ikut menjaga, merawat dan membersihkan tempat yang jadi ikon dan kebanggaan Kota Batu,” imbuh dia.

Sementara itu, koordinator kebersihan Alun-alun Batu, Radik menyampaikan, kegiatan ini dimulai memang setiap hari Jumat pukul 08-00 WIB sampai dengan selesai.

“Kita sangat berterima kasih, kepada semua yang terlibat baik dari PKL dan karyawan dari Panca Karya Bhakti, atas niat baik untuk ikut serta dalam menjaga apa yang sudah ada, dan merupakan hasil dari pembangunan yang dilakukan pemerintah. Terlebih Alun-alun ini, adalah bagian dari ikon Kota Batu, yang memang sudah selayaknya untuk dijaga secara bersama,” pungkasnya.