​Wow…Di Lobi Mapolres Batu, Ada Taman Baca Lho!

Mona (anggota polwan Polres Batu), saat tengah membaca di taman baca Mapolres Batu
Mona (anggota polwan Polres Batu), saat tengah membaca di taman baca Mapolres Batu

MALANG-NEWS.COM – Dengan membaca pikiran kita pada lingkungan sekitar akan tebuka. Ilmu pengetahuan yang kita dapat dari membaca buku dapat memperluas wawasan kita.

Ungkapan yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia memang benar adanya. Dalam konteks ini kata buku tidak hanya sebatas buku teks saja. Surat kabar dan majalah pun dapat membantu kita mengenal dunia seisinya dan menambah wawasan kita.

Begitu banyak manfaat dari membaca buku bagi kehidupan kita. Namun, kesadaran masyarakat untuk membaca buku terbilang masih sangat kurang. Beberapa penyebabnya adalah mereka tidak dibiasakan untuk membaca buku sejak usia dini.

Hal tersebut yang diterapkan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto. Dengan memanfaatkan tempat yang ada di bawah tangga, menuju lantai dua Mapolres Batu. Kapolres sengaja memanfaatkan tempat kosong tersebut dengan mengubahnya sebagai taman baca.

Puluhan buku berjajar rapi di rak yang terpasang di sudut bawah tangga. Koleksi buku-buku terdiri dari berbagai kumpulan, tidak hanya tentang hukum saja seperti KUHP.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan, sengaja dibuatnya taman bacaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca para anggota Polres Batu. Meskipun demikian Kapolres, juga mempersilakan bagi siapa saja, atau masyarakat Batu bahkan tamu yang ingin membaca sembari menunggu di lobi Mako Polres Batu. Senin (14/8/17)

“Ya di taman bacan ini ada berbagai macam judul baik tentang kepolisian, hukum, agama, kesehatan, pertanian, budaya serta judul-judul lainnya,” kata Alumnus Akpol angkatan 2000 ini.

Ia menambahkan, bahwasanya keinginan untuk membuat taman baca tersebut, tidak lain merujuk pada pepatah lama, yakni buku adalah jendela dunia. Bahkan ia juga mengakui, dari seringnya kita membaca buku, maka kesuksesan akan dapat mudah diraih.

“Ya kalau menurut saya, salah satu faktor utama seseorang yang sukses karena mereka gemar membaca, sehingga wawasannya menjadi luas,” imbuh mantan Kasat Reskrim Polda Metro Jakarta Selatan ini.