SMK Negeri 2 Malang Fokus “Cetak” Enterpreneure

Pembagian Buku Novel Hasil Karya Guru SMK Negeri 2 Malang

MALANG-NEWS.COM – Hari pertama masuk sekolah SMK Negeri 2 Malang menggelar halal bihalal di Gedung Student Center SMKN 2 Malang. Acara halal bihalal tersebut mengusung tema “Sucikan Hati Menuju Kemenangan Sejati”.

Dalam acara tersebut, nampak Hadir Plt Walikota Malang Sutiaji, Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Batu, Drs. Adi Prajitno serta Kepala Sekolah SMK N 2 Malang, H. Bagus Gunawan, S.Pd, M.Si.

Dalam Sambutannya, Sutiaji mengharapkan bahwa sekolah tidak saja melaksanakan orientasi belajar bagi siswa baru. Namun juga orientasi pada wali siswa agar metodologi disekolah dapat senada dengan yang dirumah. Selain itu, melalui surat edaran, Walikota Malang juga tidak memperbolehkan adanya kekerasan fisik atau psikis kepada siswa baru.
“Kami menginginkan agar segala kegiatan dapat berevolusi, berjalan pelan-pelan tapi goalnya mengena,” papar sutiaji.

Plt Walikota Malang Sutiaji saat menyampaikan pesan dalam acara halal bihala di SMK Negeri 2 Malang

Pada tahun ajaran baru ini SMK Negeri 2 Kota Malang menerima 684 siswa baru yang terbagi kedalam 19 kelas dan enam jurusan. Pada tahun ajaran baru 2018/2019, SMK N 2 Kota Malang ingin menekankan pada pembelajaran wirausaha (resale) baik itu secara manual ataupun digital. Pemberajaran itu, akan ditekankan dari awal hingga siswa siswi SMK Negeri 2 Malang nanti diharapkan mampu menjadi profesional dibidangnya, baik itu perhotelan, kesehatan dan lain lain sesuai dengan minat jurusannya.

Kepala sekolah SMK Negeri 2 Malang, H. Bagus Gunawan, S.pd, M.Si. menyampaikan, bahwa siswa sisiwi SMK Negeri 2 akan diarahkan ke bidang bisnis dan kewirausahaan. Hal ini senada dengan moto sekolah yaitu mencetak usahawan baru di bidangnya.
“Kami memberikan 5-7 jam pelajaran khusus pengajaran tentang bidang kewirausahaan baik itu teori dan praktek,” jelas Bagus saat ditemui malang-news.com

Dia juga menambahkan bahwa siswa – siswi SMK Negeri 2 Malang akan dibiasakan untuk menjalankan bisnis sejak dini sehingga kelak para alumni tidak bingung mencari lowongan pekerjaan. Dalam hal ini, SMK Negeri 2 Malang menekankan pembelajarn bisnis di bidang pariwisata, meliputi souvenir, oleh-oleh, travel agen, guest house dan lain lain.

Keluarga besar SMK Negeri 2 bersalam salaman dalam acara halal bihalal

“Kami akan menyadarkan siswa siwi untuk belajar bisnis sejak dini, agar mereka mampu berpenghasilan sedini mungkin”, pungkasnya.

Acara halal bihalal SMK Negeri 2 Malang ditutup dengan pembagian Buku “Memburu Mantra Jaran Goyang” sebuah novel fiksi karya guru SMK Negeri 2 Malang. (Khd)